The Power of Gosip

The Power of Gosip Gosip, digosok makin sip, istilah ini seringkali terdengar sehari-hari di telinga kita. Bagaimanakah sebuah gosip dapat d...

The Power of Gosip

Gosip, digosok makin sip, istilah ini seringkali terdengar sehari-hari di telinga kita. Bagaimanakah sebuah gosip dapat dimanfaatkan untuk memasarkan sebuah produk dengan dahsyat?  Jika Anda hendak meluncurkan produk baru atau jasa  ke pasaran, tidak ada salahnya belajar dari beberapa strategi yang pernah dilakukan perusahaan di luar negeri.

Di luar negeri perusahaan yang sukses melakukan launcing produknya ke seluruh dunia dengan menggunakan strategi gosip viral marketing adalah Apple Inc.  Produk Apple Inc, yang berhasil diluncurkan kepasaran dengan menggunakan strategi gosip viral marketing salah satunya adalah iPhone.

Jauh hari sebelum iPhone 3GS akan diluncurkan, beredar gosip  yang mengatakan bahwa iPhone 3G model lama akan di jual denngan harga U$100, kontan saja berita tersebut tersebar keseluruh penjuru dunia melalui jaringan  internet  maklum harga iPhone 3G baru saja sekitar U$1.000. Para pencinta produk iPhone-pun mulai meperbincangkan situasi ini.[viral-content]

Strategi  Apple Inc berhasil menarik perhatian calon pelanggan untuk mencari tahu informasi tentang produk iPhone. Di tengah-tengah pencarian informasi yang meningkat , Apple Inch mulai merilis rencana peluncuran iPhone 3GS dengan fitur-fitur yang lebih baru. Apakah Apple Inc berbohong ? tidak iPhone 3G memang benar-benar dijual seharga U$100, tapi hanya ditujukan pada pelanggan tertentu saja dengan syarat berlangganan pasca bayar selama 2 tahun dengan minimal penggunaan percakapan yang ditentukan oleh provider tertentu yang bekerja sama dengan Apple Inc. Dengan strategi ini konsumen dapat membeli dengan harga murah, produsen tetap meraup keuntungan.

Straetegi apa yang terjadi saat hendak diluncurkan iPhone 4? Seorang pegawai sebuah restoran di Amerika menemukan iPhone yang bentuknya berbeda dengan iPhone sebelumnya? Tampak beberapa fitur yang kasat mata telah ditambahkan pada iPhone ini. Gosip  akan produk ini-pun langsung beredar ke seluruh penjuru dunia melalui internet. Sejak terhembusnya gosip tersebut hingga mendekati hari H-nya peluncuran iPhone 4,  Apple Inch tidak melakukan konfirmasi secara terang-terangan.

Para calon pelanggan-pun berlomba-lomba memesan iPhone 4 saat Apple Inc resmi merilis berita akan di luncurkan produk bari iPhone 4, ingat produknya sendiri belum diluncurkan namun baru beritanya saja yang dirilis. Bagaimana dengan strategi Anda? Gali stretegi lainya sebelum meluncurkan produkl atau jasa yang akan Anda tawarkan. Selamat mencoba! (DNI) (Ilustrasi: www.geeky-gadgets.com)

[/viral-content] [agoda ad="4" city="jakarta" star="3"]

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item