Sunday Market

Sunday Market Pengalaman ketika bermukim di Canberra Australia, terdapat dua suburb (mungkin sama dengan Kabupaten di Indonesia) yaitu Belco...

Sunday Market

Pengalaman ketika bermukim di Canberra Australia, terdapat dua suburb (mungkin sama dengan Kabupaten di Indonesia) yaitu Belconnen dan Woden, setiap hari minggu parkiran mobil dekat mall di kedua suburb tersebut dijadikan pasar kaki lima. Barang-barang yang di jual sangat beraneka ragam, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga barang elektronik baik yang baru maupun bekas.

Para pengunjung Sunday Market biasanya mulai dari mahasiswa, anggota keluarga hingga diplomat (kantor kedutaan besar negara asing dipusatkan di Canberra). Harga dari barang-barang yang dijajakan dapat dinegosiasikan secara kekeluargaan. Para mahasiswa Indonesia-pun sempat menggelar jualannya di Sunday Market tersebut.

[viral-content]

Beberapa hal yang disukai dari Sunday Market ini jika kita membeli sayur mayur, bumbu masakan dan buah-buahan, hampir dipastikan akan memperoleh bahan yang segar baru dipetik dari kebun si penjual, harganya-pun biasanya akan lebih murah dari harga di Mall.

Salah satu contoh konsep Sunday Market yang lumayan cukup bagus di Indonesia adalah di Perumahan Taman Yasmin, Bogor letaknya di sekitar bundaran air mancur dalam kompleks. Pasar kakilima dimulai dari hari sabtu pagi dan berakhir hari minggu sore. Pasar Sabtu Minggu di Yasmin juga menawarkan hiburan bagi anak-anak untuj berkeliling di sekitar kompleks menggunakan kuda delman.

Jika Anda cukup jeli, perhatikan kompleks di sekitar rumah Anda, apakah ada kemungkinan untuk mengadakan proyek pasar Sabtu Minggu?. Bentuklah sebuah Event Organizer dengan mengalang karangtaruna setempat untuk menyelenggarakan proyek tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah masalah keamanan dan kebersihan. Biasanya jika Anda bekerjasama dengan karang taruna, iuran keamanan dan kebersihan dari para pedagang dapat menjadikan penghasilan bagi karangtaruna itu sendiri.

Satu hal yang sangat mulia jika bisnis ini terlaksana, perekonomian masyarakat sekitarnya akan terus bergerak. Bayangkan jika komplek perumahan di seluruh Indonesia memiliki pasar Sabtu Minggu, kita mampu menggerakan perekonomian keluarga rakyat Indonesia. (ADH) (Ilustrasi:eithea.com)

[/viral-content] [agoda ad="4" city="jakarta" star="3"]

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item