Pentingnya Merek Dagang

Pentingnya Merek Dagang [caption id="attachment_414" align="alignleft" width="256"] Merek Dagang[/caption] M...

Pentingnya Merek Dagang

[caption id="attachment_414" align="alignleft" width="256"]Merek Dagang Merek Dagang[/caption]

Meningkatkan Nilai Tambah Produk dan Jasa melalui Merek Dagang

Membangun sebuah bisnis hampir dipastikan berhubungan dengan merek dagang, baik merek dagang untuk jasa maupun merek dagang untuk barang. Seringkali pebisnis pemula mengabaikan pentingnya sebuah merek. Melihat sebuah komoditi yang langsung dijual tanpa dibungkus oleh sebuah merek tentunya akan memilliki harga jual yang rendah, misalnya ketika petani memanen kentang yang dijual kepada pedagang pasar tentu tidak memiliki nilai tambah yang memadai.

[viral-content]

Nilai Tambah

Ketika kentang tersebut di olah sedemikian rupa menjadi makanan jadi dan dijual di sebuah warung sederhana tentunya akan menghasilkan nilai tambah. Peningkatan nilai tambah dari suatu produk atau jasa tergantung pada seberapa jauhnya produk atau jasa tersebut diolah baik secara fisik maupun secara merek. Melanjutkan contoh sebuah kentang goreng (French fries) yang dijual di warung akan lebih bernilai tambah lagi ketika dijual dengan menggunakan merek, misalnya kentang goreng yang telah diolah tersebut dijual dengan menggunakan merek McDonald di sebuah gerai yang juga memiliki merek terkenal. Sulit dibantah pertumbuhan nilai tambag dari produk kentang tersebut sangat signifikan dengan harga jualnya.

Membangun Merek

Membangun sebuah merek tidaklah semudah membalikan tangan namun juga tidak serumit membuat roket ke bulan. Ketika anda menetapkan sebuah merek yang akan digunakan sebagai merek dagang bisnis anda, pastikan merek tersebut tidak terlalu panjang, mudah diingat, memiliki arti yang baik atau bahkan relevan dengan produk atau jasa yang akan anda jual. Misalnya: ketika kita hendak membangun bisnis Soto Betawi, kita menggunakan merek Soto Betawi Ban Ali. Seringkali kita terjebak oleh egoisme pemilik perusahaan dengan menggunakan merek yang  sesuai dengan nama pemilik.

Egoisme Merek

Memang tidaklah diharamkan ketika hendak menggunakan merek terebut. Namun mari kita sedikit menganalisa, Soto Betawi Bang Ali seberapa banyak orang mengenal merek tersebut? Ketika kita dapat menjawab pertanyaan simple seperti itu, maka akan timbul pertanyaan lainnya, Bagaimana agar merek tersebut lebih dikenal orang?. Maka jelaslah pemilihan merekpun diperlukan fase yang cukup untuk menumbuhkan agar dikenal oleh konsumen. Hal paling sering dan lazim digunakan oleh para pemasar/pengusaha adalah dengan mengiklankan merek tersebut, dari menyebar flyer, iklan radio, majalah, koran bahkan televisi. (DNI/ image:ipmi.or.id)

Ingin mengetahui lebih lanjut pembahasan merek ini terus kunjung www.MajalahPeluangBisnis.com

[/viral-content] [agoda ad="4" city="jakarta" star="3"]

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item