Menghadapi Masalah dlm Bisnis Online

Akhir-akhir ini ada beragam problematika bisnis online yang lumayan kompleks. Mulai banned massal adsense, banned massal amazon hingga ditut...

usaha-onlineAkhir-akhir ini ada beragam problematika bisnis online yang lumayan kompleks. Mulai banned massal adsense, banned massal amazon hingga ditutupnya Liberty Reverse. Beberapa bisnis online juga gulung tikar dan tutup.

Sebenarnya masalah itu akan selalu ada dalam bisnis apapun. Pertanyaannya adalah apa yg perlu kita lakukan tatkala masalah itu datang. Saya sendiri bukan orang yang suka melakukan antisipasi sih, artinya saya tak melakukan banyak hal untuk antisipasi masalah. Mungkin saya cuma rajin backup data saja hehehe.. Karena masalah data ini menurut saya urgent banget

Nah, trus kalau ada masalah datang bagaimana?

 

[viral-content]

Pertama tenang dulu. Kita kenali dulu masalahnya, seberapa parah dampaknya terhadap web kita. Kalau seandainya cuma web yg dibanned, kita masih dapat dengan mudah mengganti nama domain dan web itupun bisa running lagi. Kalau akun bisnis-nya yg dibanned, kita masih bisa beralih ke bisnis yang lain misalnya clickbank atau amazon.

Karena itulah di awal-awal pembahasan cafebisnis saya mengatakan, jalani bisnis yang sesuai passion anda. Karena tanpa passion, anda akan jalan seperti robot dan ketika ada masalah cenderung linglung dan menanti apa yang harus dilakukan ke depan.

Masalah yang paling banyak ditanyakan kepada saya sebenarnya justru dari mereka yang belum pernah praktek sama sekali. Kalau boleh tega menjawab saya pengen banget bilang, "Masalah anda itu cuma satu: MALAS MENCOBA" hehehe

Ada penanya yang entah berapa kali SMS dan telp saya dengan pertanyaan seputar hal-hal teoritis. Akhirnya karena capek juga diteror seperti itu tak skakmat sekalian, sampeyan kalau belum bikin blog jangan pernah tanya lagi :D Dan hingga sekarang dia gak pernah nongol lagi.

Kita ini seringkali pelit kalau soal ilmu. Padahal tanpa sadar kita sudah pernah buang duit jutaan rupiah untuk sekolah mulai SD sampai SMA bahkan perguruan tinggi. Sekarang saya tanya, dari seluruh pelajaran yang diberikan sejak SD sampai SMA berapa persen yang bisa kita pakai?

Ambillah misalnya 50% (walaupun mungkin sangat kurang dari itu), maka biaya belajar yang terbuang sia-sia udah berapa juta tuh? Nah, padahal untuk sekedar bikin blog, kita bisa bangun blog dengan modal cuma 10rb lho.

Gimana?

Domainnya pakai dot TK dulu kan gratis, trus beli hostingnya yang paket bulanan aja karena untuk latihan. Selama 1 bulan, silahkan deh anda praktekkan ilmu membangun blog. Anggap saja kursus sebulan dg biaya cuma 10rb.

Saya gak percaya di jaman gini msh ada yg keberatan dengan hosting 10rb-an. Kalau yang ini saja sudah menjadi masalah, maka akan sulit rasanya menghadapi masalah2 yang terjadi di masa depan.

Bayangin kalau begitu sayang duit, eeh webnya kena banned google, padahal untuk beli domain baru rasanya berat banget. Trus mau gimana? Nangis?

Saya sendiri terkadang untuk meluncurkan 1 web, harus beli sampai 5 domain hehehe... Dan itu saya urus semua di awal-awal hingga nanti salah satu menghasilkan. Genap 1 tahun tinggal di evaluasi deh, mana yang harus dieliminasi dan mana yg bisa diteruskan.

So, dlm menghadapi masalah. Yang terpenting adalah bagaimana mengenali dampak masalah itu bagi bisnis kita. Apalagi bisnis online ini kan sebenarnya bisnis modal kecil ya. Biar tahu aja, untuk menjalan web cafebisnis ini, modal saya per bulan itu cuma $10 atau $120/tahun dan domain $10. Total cuma $130 saja per tahun.

Bayangin kalau duit $130 atau sekitar 1,3juta itu dipakai di bisnis offline, paling cuma bisa buat sewa stand di dalam gang kali ya? (emang ada ya stand 1,3 juta? Soalnya di sini 10 juta per tahun) belum bayar listriknya lagi.

Dengan membuat perbandingan, kita bisa menilai masalah kita termasuk kategori kecil atau besar. Kalau kita menganggapnya kecil, maka akan lebih mudah mengatasinya. Saya justru sering menghadapi mereka yg terlalu menganggap masalahnya besar, padahal aslinya kecil banget. Selengkapnya

[/viral-content]

 

Orignal From: Menghadapi Masalah dlm Bisnis Online

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item