Redenominasi Rupiah

Redenominasi Rupiah Bank Indonesia saat ini tengah serius menjajaki kemungkinan untuk melakukan redenominasi mata uang rupiah. Berbeda denga...

Redenominasi Rupiah

Bank Indonesia saat ini tengah serius menjajaki kemungkinan untuk melakukan redenominasi mata uang rupiah. Berbeda dengan sanering Redenominasi rupiah tersebut adalah hanya mengurangi angka tuliasan nol di dalam mata uang tanpa mengurangi nilai nominalnya. Misalnya jika terjadi redenominasi rupiah sebanyak tiga digit angka nol Rp 100.000,- menjadi Rp 100, maka U$1 setara dengan Rp 8.90 (saat tulisan ini dibuat U$ 1 = Rp 8.900).

Beberapa negara yang sukses melakukan hal yang sama adalah Rumania dan Turki. Negara yang gagal melakukan hal ini adalah Zimbabwe. Keberhasilan Rumania dan Turki melakukan redenominasi karena didukung pertumbuhan ekonomi yang stabil, sedangkan Zimbabwe gagal melakuka redenominasi saat perekonomian negaranya mengalami inflasi.

Jika pemerintah memang benar-benar melakukan redenominasi rupiah maka perlu dilakukan masa transisi yang cukup panjang. Langkah awal yang perlu diambil adalah menghitung dampak terhadap perekonomian Indonesia, kedua mengsosialisasikan redenominasi rupiah pada jangka waktu tertentu 5-10 tahun masa transisi, terakhir menjaga stabilitas nilai rupiah selama masa transisi dan pasca redenominasi rupiah.

Apa dampak yang akan terjadi bagi pelaku pengusaha? pada saat transisi para kasir di toko-toko harus menyiapkan dua mata uang rupaih, yang satu "Rupiah Lama" dan lainnya "Rupiah Baru", hal tersebut memang akan sedikit merepotkan sebab saat hendak memasukan uang ke rekening bank maka akan terjadi konversi dari Rupiah Lama ke Rupiah Baru.

Saat Anda harus membayar para suplier dan gaji pegawai, juga akan terjadi penyesuaian penggunaan mata uang rupiah, namun bayangkan saat pegawai Anda harus membayar ongkos dari rumah ke tempat kerja Rp 10.000 dengan menggunakan nominal Rp 50.000 sedangkan sopir angkot mengembalikannya Rp 40 (setara Rp 40.000), maka akan terjadi sedikit keganjilan. (DNI)

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item