Bisnis Rumah Kos

Bisnis Rumah Kos Saat krisis ekonomi melanda Indonesia di tahun 1999, salah satu bisnis yang tetap bertahan dari hempaan badai krisis ekonom...

Bisnis Rumah Kos

Saat krisis ekonomi melanda Indonesia di tahun 1999, salah satu bisnis yang tetap bertahan dari hempaan badai krisis ekonomi adalah bisnis rumah kos. Pertumbuhan bisnis rumah kos banyak terletak pada lokasi yang berdekatan dengan tempat kerja, sekolah/universitas, pabrik dan proyek pembangunan.

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis rumah kos ada baiknya Anda memperhatikan beberpa hal yang berkaitan dengan bisnis rumah kos. Pertama, ada dua cara untuk memulai bisnis rumah kos ini yaitu dengan membangun baru rumah yang kusus didedikasikan untuk rumah kos atau merenovasi rumah lama yang akan dirubah menjadi rumah kos, dalam hal ini perhatikan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan).

Kedua, lakukan riset kecil-kecilan di daerah sekitar bisnis rumah kos yang akan Anda bangun, apakah letaknya dekat dengan kampus, perkantoran atau pabrik. Hal ini dilakuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan rumah kos di sekitarnya. Lokasi yang strategis akan menguntungkan bisnis rumah kos Anda, misalnya apakah dekat dengan sarana transportasi umum, dekat dengan took sembako. Semakin lengkap informasi ini akan menjadi nilai jual bisnis rumah kos Anda.

Ketiga, jika Anda ingin berhasil pada bisnis apapun cobalah memposisikan diri Anda sebagai pelanggan. Begitu pula dengan bisnis rumah kos ini jika Anda berada sebagai penyewa, fasilitas apa saja yang Anda perlukan, misalnya Air minum gratis, peralatan dapur yang bersih, kamar mandi yang selalu terjaga kebersihannya dan jika memungkinkan sediakan mesin cuci agar penghuni rumah kos merasa dimudahkan.

Keempat, keamanan dan kenyamanan penghuni rumah kos sangatlah penting, carilah sepasang suami istri untuk mengurus rumah kos Anda yang perempuan bertugas untuk menjaga kebersihan rumah kos,sedangkan yang lelaki menjaga keamanan. Beri keluluasaan mereka untuk memperoleh tambahan penghasilan misalnya dari masakan yang mereka jual kepada penghuni kos.

Terakhir, pembayaran rumah kos biasnya setiap bulan, untuk mencegah tunggakan pembayaran tanyakan pada bank Anda apakah mereka menyediakan pembayaran debit otomatis dari tabungan para penghuni kos ke rekening Anda. Saran terakhir usahakan jangan terlalu sering menaikan harga sewa, jika Anda ingin meningkatkan penghasilan dari bisnis rumah kos, tambahkan jumlah kamar baru. (ARI) (Ilustrasi: argajogja.blogspot.com)

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item