Berbisnis Menggunakan Facebook

Berbisnis Menggunakan Facebook Pengguna jejaring Facebook di Indonesia terus meningkat menembus angka 26,792,780 pengguna, ketiga terbesara ...

Berbisnis Menggunakan Facebook

Pengguna jejaring Facebook di Indonesia terus meningkat menembus angka 26,792,780 pengguna, ketiga terbesara di dunia(checkfacebook.com). Jika kita jeli memanfaatkan perkembangan ini untuk keperluan bisnis, pangsa pasar facebook saja cukup menjanjikan. Kemampuan jejaring facebook dalam menemukan teman lama kita yang telah terdaftar dalam jejaring, bermanfaat untuk menjalin kembali silahturahmi tentunya peluang meraih rejeki-pun terbuka lebar.

Jika Anda memiliki suatu produk atau jasa lakukanlah tes pasar dengan menawarkan pada teman-teman terdekat terlebih dahulu, jika Anda berhasil menjual pada teman-teman terdekat kemungkinan untuk menjual ke orang lain akan lebih berhasil. Dari hasil tes pasar tesebut, produk/jasa yang kita pasarkan akan memperoleh masukan untuk penyempurnaan.

Ketika Anda siap untuk menawarkan produk/jasa ke pasar buatlah akun facebook baru terpisah dengan akun facebook probadi Anda, beberapa hal yang dapat dimanfaatkan untuk membidik calon pelanggan:

1. Targer Pasar Menarget pasar di jejaring facebook bisa dikatakan susah-susah gampang, karena kita tidak bisa langsung mengetahui SES (Strata, Ekonomi, Sosial) si target pengguna facebook, kecuali jika kita hendak menggunakan iklan melalui facebook, maka iklan produk/jasa kita dapat langsung ditarget seperti jenis kelamin, usia, kota dan lainnya. Jika kita belum memiliki budget yang cukup untuk beriklan gunakanlah foto profil facebook sesuai dengan target pasar yang kita bidik, misalnya: batik yang cocok untuk target usia 30-60 tahun, kemudian setting tanggal lahir akun facebook sesuai target usia 30-60 tahun dan settinglah hobi, buku bacaan, musik, film dan fasilitas lainnya sesuai dengan target usia 30-60.

2. Grup Fasilitas facebook memungkinkan kita untuk membangun sebuah grup, misalnya grup batik, dalam grup ini Anda bisa meminta anggotanya yang cukup aktif untuk menjadi moderator. Dengan adanya grup ini target market kita sudah semakin mengerucut, sebab anggota yang bergabung dengan grup facebook yang kita bangun adalah orang-orang yang memang tertarik dengan batik. Anggota grup ini juga akan merekomendasikan teman-temannya yang memiliki ketertarikan yang sama.

3. Add Friend Fasilitas Add friend memungkinkan Anda bisa mengirimkan permintaan pada calon pelanggan lainnya untuk bergabung dalam grup facebook yang telah dibangun sebelumnya. Luangkan waktu Anda untuk melakukan Add Friend sekitar 15 menit sehari untuk menambah jumlah anggota grup facebook yang Anda bangun.

4. Bangun Blog atau Website Gunakan wordpress atau blogspot untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, Facebook memiliki fasilitas untuk menghubungkan website Anda dengan akun Facebook yang Anda miliki. Jika usaha Anda telah memungkinkan untuk membangun sebuah website, gunakanlah jasa profesional untuk mendirikan sebuah toko online, hal tersebut akan meningkatkan kerdibilitas bisnis Anda.

5. Promosi Tanggal merah atau hari libur dapat dijadikan ajang promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan, gunakan satu minggu sebelum hari H untuk menawarkan promosi Anda di Facebook. Fasilitas pengingat hari ulang tahun anggota facebook Anda dapat dimanfaatkan untuk memberikan voucher belanja sebagai hadiah ulang tahun.

Jika Anda tertarik untuk memperoleh ulasan bisnis lainnya melalui jejaring facebook bergabunglah dengan www.Facebook.com/majalahpeluangbisnis

(ADH) (Ilustrasi:iedesign.co.uk)

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item